Baca huruf pada urutan ke-

Hello,, sekarang ane mau bahas string “STRCHR” nih,, fungsi “strchr” pada string yaitu untuk membaca banyaknya data atau melihat pada urutan keberapa sajakah suatu huruf (sebagai contoh “a”) ada pada sebuah kalimat atau paragraf.

Ane masih menggunakan Devcpp untuk tools’nya… maklum bahasa pemrograman yang baru saya kenal ini,, kalau mungkin ada yang mau mengajari ane belajar java/bahasa pemrograman yang lain bolleh,, saya bersemangat untuk itu,, eh,, palah jadi curhat,,, dan juga sekarang bukan waktunya bahas hal itu dulu oke..
Program yang saya ketikan yaitu sebagai berikut sebagai contohnya:

#include <cstdlib>
#include <iostream>
#include <string.h>
using namespace std;
int main(int argc, char *argv[])
{
char str[] = "saya belajar bahasa pemrograman c++";
 cout<<" pada kalimat: "<<str<<"\n"<<endl;
char * b;
 cout<<"huruf 'a' pada kalimat diatas ..."<<"\n"<<endl;
  b=strchr(str,'a');
  while (b!=NULL)
  {
     cout<<"ada pada urutan ke "<<b-str+1<<"\n"<<endl;
     b=strchr(b+1,'a');
  }
    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}

Nahh,, pada program diatas, char str[]=”saya belajar bahasa pemrograman c++ “; adalah baris kalimat yang akan dibaca atau dihitung salah satu katanya, disini saya sebagai contoh saya mengambil huruf ‘a’ . Huruf ‘a’ akan dibaca oleh
“b=strchr(str,’a’); while (b!=NULL) ” sedangkan b=strscr(b+1,’a’); berguna untuk pembaca keluarannya,,
dari contoh program diatas jika di-Run,, maka hasilnya adalah:

Caayyoo,, dari keluaran(output) diatas sudah tahu bukan fungsi dari “strscr” itu apa?? Ya,, itu fungsi untuk membaca pada urutan keberapa saja huruf ‘a’ itu ada dari kalimat “saya belajar bahasa pemrograman c++ “,, oke, mungkin anda bisa lebih berkreasi dari program diatas kembangkan lagi imajinasimu haha,, kalau ada kekurangan ane mohon maaf karena ane juga masih dalam proses belajar sekian program dari ane yoo,,terimakasih dah berkunjung keblog ane,
wassalamu’alaikum wr, wb,🙂

Leave a Reply

