Luas Lingkaran dan Volume Bola dengan class dan overloading

Hay semuanya, kali ini ane mau membahas tentang class dan overloading, Class adalah template sedangkan object adalah realisasi dari template tersebut, sehingga ketika program dijalankan maka yang bertindak sebagai pelaku utamanya adalah object, bukan class. Bisa dianalogikan pada konsep procedural programming dengan class sebagai tipe data, sedangkan object adalah variabelnya (int angka;). Sebuah class bisa memiliki lebih dari satu object dengan syarat masing-masing object berbeda namanya. Sedangkan overloading adalah suatu keadaan dimana beberapa method memiliki nama yang sama tetapi fungsionalitasnya berbeda. Nah kalau sudah tahu pengertian masing-masing dari itu ayo, langsung ke-program yahh,,
contoh program mencari luas lingkaran dan volume bola adalah sebagai berikut:

#include <cstdlib>
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
    class Luas{
          friend ostream& operator<<(ostream&, const Luas&);
          friend istream& operator>>(istream&, Luas&);
          public:   
            Luas();
            void luas_lingkaran(){ luas=3.14*r*r;  }
            void volume_bola() { volume=4/3*3.14*r*r*r;   }
          private:
            float r;
            float phi;
            float luas;
            float volume;
                };
          Luas::Luas(){
                cout<<"Program menghitung luas lingkaran\n";
                cout<<"Program menghitung volume bola\n";
                }
          istream& operator>>(istream& in, Luas& masukkan){
                     cout<<"Masukkan jari-jari(r): ";
                     in>>masukkan.r;
                     return in;
                     }
          ostream& operator<<(ostream& out, const Luas& keluaran){
                     out<<"Luas lingkaran: "<<keluaran.luas<<endl;
                     out<<"Volume bola: "<<keluaran.volume<<endl;
                     return out;
                     }
    int main(int argc, char *argv[]){ 
        Luas x;
        cin>>x;
        x.luas_lingkaran();
        x.volume_bola();
        cout<<x;
        getch();
        
    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}

Nahh, dari program di atas, jika program diatas di-Run,, maka akan keluar masukkan jari-jari, setelah itu, langsung di enter dan lihat hasilnya.. Sebagai contoh ane memasukkan bilangan angka yaitu angka 6 lalu di-enter, maka akan keluar seperti berikut:

hiyyaa sekarang sudah tahu kan keluaran dari program diatas,, itu refrensi dari ane bro, semoga bisa membantu, dan semoga jadi pelajaran bagi ane dan buat anda sekalian para pembaca aamin🙂 ..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s