Mencari FPB

Hello sahabat blog, udah pernah denger dan tahu tentang FPB bukan? ya FPB adalah faktor persekutuan besar. Disini ane mau membahas tentang itu guyz, langsung ke programnya saja iah, biar tahu dan jelas alur pencarian fpb dengan program seperti berikut dibawah ini:

#include <cstdlib>
#include <iostream>
using namespace std;
int main(int argc, char *argv[])<!--more-->
{
    int x,y,r;
    cout<<"masukkan bil 1: ";
    cin>>x;
    cout<<"masukkan bil 2: ";
    cin>>y;
    r=x %y;
    while(r!=0){
    x=y;
    y=r;
    r=x%y;
}
cout<<"FPB'na adalah: "<<y<<endl;    
    system("PAUSE");
    return EXIT_SUCCESS;
}

Guyz, dari program diatas sudah tahukan cara kerjanya masing2, atau sudah tahu masing2 dari tiap-tiap tugas diatas kan? nah dari program diatas, x dan y adalah masukkan, sedangkan r adalah sisa atau hasil mod, jadi r= x mod y sama dengan y mod x == r, dan r tidak boleh / tidak samadengan 0, jadi setelah program diatas di-run maka akan ada 2 inputan, terserah anda mau memasukkan berapa ata untuk mencari fpb berapa dan berapa.

Sebagai contohnya begini guyz, ane mo mencari fpb dari 100 dan 60, kita memasukkan bilangannya setelah di-Run yah, kan muncul inputan tuh, inputan pertama kita ketikkan 100, dan inputan 2 kita ketikkan 60, setelah itu di-Enter, maka keluarannya adalah sebagai berikut:

nah, sudah tahu kan cara kerja program dan input serta outputnya, ketemunya berapa guyz? ya 20 adalah Fpb dari 10 dan 60, oke sekian dari ane nggih, kirang luwihipun kula nyuwun agunging samudro pangaksami, semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung di blog jelek ini🙂 tetap semangatt..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s