Sejarah Sistem Operasi Macintosh

Salam sejahtera para blogger, semoga kita selalu dalam keadaan sehat dan dalam Perlindungan-NYA.Pada postingan sebelumnya telah kita bahas tentang sejarah Ms-Dos, nah untuk postingan kali ini saya akan membagikan tentang sejarah dari Mac OS. Macintosh Operating System atau yang biasa kita dengar dengan sebutan Mac OS. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple.

Mac Os atau sistem operasi macintosh adalah sistem operasi yang di gunakan untuk mengoperasikan komputer notebook apple macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld.

Komputer ini dinamakan berdasarkan jenis apple yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun.

Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri.

Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

Mac OS X didasarkan atas kernel Mach. Beberapa bagian dari FreeBSD ’s dan NetBSD’ s pelaksanaan Unix dimasukkan dalam NeXTSTEP, inti dari Mac OS X. NeXTSTEP adalah berorientasi obyek sistem operasi yang dikembangkan oleh Steve Jobs ‘perusahaan NeXT setelah ia meninggalkan Apple di tahun 1985.

Sementara Jobs dari Apple, Apple berusaha untuk menciptakan “generasi berikutnya” OS melalui Taligent, Copland dan Gershwin proyek, dengan sedikit keberhasilan.

Akhirnya, NeXT’s OS-kemudian disebut OPENSTEP-telah dipilih untuk menjadi dasar untuk Apple OS berikutnya, dan Apple membeli NeXT langsung. Steve Jobs kembali ke Apple sebagai CEO sementara, dan kemudian menjadi CEO lagi, menggiring transformasi para programmer ramah OPENSTEP ke dalam sebuah sistem yang akan diadopsi oleh Apple pasar utama rumah pengguna dan profesional kreatif. 

Proyek ini pertama kali dikenal sebagai Rhapsody dan kemudian diganti namanya menjadi Mac OS X. Mac OS X Server 1.x, tidak sesuai dengan perangkat lunak yang dirancang untuk Mac OS asli dan tidak memiliki dukungan untuk Apple sendiri interface IEEE 1394 (FireWire). Mac OS X 10.x included more backward compatibility and functionality by including the Carbon API as well as FireWire support. Mac OS X 10.x melibatkan lebih kompatibilitas dan fungsionalitas dengan memasukkan Karbon API serta dukungan FireWire. 

Sebagai sistem operasi berkembang, itu menjauh dari warisan Mac OS untuk penekanan pada baru “gaya hidup digital” aplikasi seperti iLife suite, meningkatkan aplikasi bisnis (iWork), dan hiburan rumah terpadu (di Front Row media center).

 Jenis-jenis Macintosh
1. 1984: Macintosh 128K, Macintosh 512K
2. 1986: Macintosh Plus
3. 1987: Macintosh II, Macintosh SE
4. 1988: Macintosh IIx
5. 1989: Macintosh SE/30, Macintosh IIcx, Macintosh IIci, Macintosh Portable
6. 1990: Macintosh IIfx, Macintosh Classic, Macintosh IIsi, seri Macintosh LC
7. 1991: Macintosh Quadra, PowerBook
8. 1992: Macintosh IIvx, PowerBook Duo
9. 1993: Macintosh Centris, Macintosh Color Classic, Macintosh Performa, Macintosh TV
10. 1994: Power Macintosh
11. 1997: Power Macintosh G3, PowerBook G3, Twentieth Anniversary Macintosh
12. 1998: iMac
13. 1999: iBook, Power Macintosh G4
14. 2000: Power Mac G4 Cube
15. 2001: PowerBook G4
16. 2002: eMac
17. 2003: Xserve, Power Mac G5, iMac G4
18. 2004: iMac G5
19. 2005: Mac mini
20. 2006: MacBook, MacBook Pro
21. 2011: MacBook Air, dll

Bila ada kekurangan atau ada yang salah dengan kata2 yang diambil maupun ketidak jelasan penulis dalam menulis, mohon dimaklumi, sebab penulis juga masih dalam proses belajar berbagi sesuatu yang bisa penulis bagikan.
Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.🙂

Sumber :
1. Yang Penting Beres
2. Den Saxty

2 thoughts on “Sejarah Sistem Operasi Macintosh

  1. Pingback: Sejaram Sistem Operasi Macintosh | Selamat Membaca
  2. Pingback: Sejarah Sistem Operasi Macintosh | Selamat Membaca

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s